Selasa, 24 Juni 2014

SEJARAH KOLINTANG




Pengertian kolintang 
Kolintang merupakan alat musik perkusi yang berasal dari Minahasa (Sulawesi Utara) dan termasuk dalam kelompok perkusi bernada. Sumber bunyi kolintang berasal dari wilahannya yang bergetar apabila dipukul, sehingga disebut alat musik idiophonic. Ditinjau dari asal katanya, kolintang berasal dari bunyi: Tong (nada rendah), Ting (nada tinggi), dan Tang (nada tengah). Dahulu dalam bahasa Minahasa untuk mengajak orang bermain kolintang dinyatakan dengan “Maimo Kumolintang” artinya “Mari kita ber Tong Ting Tang” dan dari kebiasaan itulah muncul nama KOLINTANG untuk alat yang digunakan bermain musik.

Sejarah kolintang 

 
Pada mulanya kolintang hanya terdiri dari beberapa potong kayu yang diletakkan berjejer di atas kedua kaki pemainnya dengan posisi duduk di tanah, dengan kedua kaki terbujur lurus ke depan. Dengan berjalannya waktu kedua kaki pemain diganti dengan dua batang pisang, atau tali seperti arumba di Jawa Barat.
 Sedangkan  penggunaan peti resonator dimulai sejak Pangeran Diponegoro berada di Minahasa (1830). Pada saat itu, peralatan gamelan dan gambang ikut dibawa oleh rombongannya. Adapun pemakaian kolintang erat hubungannya dengan kepercayaan tradisional rakyat Minahasa, seperti dalam upacara-upacara ritual sehubungan dengan pemujaan arwah para leluhur. Itulah sebabnya dengan masuknya agama Kristen di Minahasa, eksistensi kolintang demikian terdesak bahkan hamper menghilang sama sekali selama kurang lebih 100 tahun.
Sesudah Perang Dunia II, kolintang muncul kembali yang dipelopori oleh Nelwan Katuuk (seorang yang menyusun nada kolintang menurut tangga nada diatonis). Pada mulanya kolintang hanya terdiri dari satu instrument melodi dengan susunan nada diatonic, dengan jarak nada 2 oktaf, yang dikolaborasikan dengan alat musik berjenis string seperti gitar, ukulele, dan stringbas
Pada tahun 1952, Petrus Kaseke belajar membuat kolintang secara mandiri, tanpa prototype kolintang, melainkan hanya berdasarkan informasi lisan dari orang-orang yang sudah tua dan mendengarkan permainan Nelwan Katuuk melalui siaran radio. Ketertarikan terhadap kolintang membuat Petrus Kaseke mengembangkan alat musik mulai dari usaha memperlebar jarak nada, meningkatkan kualitas suara dengan mencoba berbagai macam kayu,memodifikasi peti resonator, maupun memperbaiki bentuk penampilannya. Pada tahun 1964, setelah merantau untuk melanjutkan kuliah ke Yogyakarta dan bermukim di Salatiga Jawa Tengah,Petrus Kaseke mulai memproduksi kolintang untuk tujuan komersil. Saat ini kolintang sudah dapat membentuk orkes tersendiri tanpa harus berkolaborasi dengan alat musik lain , karena kemampuannya mencapai jarak nada 6 oktaf full chromatis dari nada A0 sampai dengan A6 (kumulatif nada instrument instrument kolintang mulai dari Kolintang melody sampai bass). berikut ini adalah alat musik kolintang moderen.



 

 

2 komentar:

  1. Bingung Mencari Situs Judi Online Yang Terpercaya??
    Buruan Join Sekarang Juga Bersama ZoyaQQ.org Dan Daftarkan ID Kamu Sekarang Juga!!
    Raih Jutaan Rupiah Selama Bermain Disini
    Rasakan Sensasi Kenyamanan Bermain Bersama Zoya99
    - 8 Permainan Terbaik 2018
    - Pelayanan Coustumer Servis Yang Baik,Ramah, Dan Professional
    - Porses Depo / WD Super Cepat
    - Permainan Yang 100% Fair Play (Member Vs Member)
    - Minimal Depo / WD Hanya 20ribu
    - Pendaftaran Geratis
    Peluang Menjadi Jutawan Terbesar
    Hanya Disini Anda Bisa Menjadi Jutawan Besar
    CONTAC US:
    FACEBOOK : zoya99_net
    PIN BBM : D8B82A86 / 2BE5BC31
    WA : +85515370075
    Line : zoya_qq
    Instagram : Zoya99_official

    Berita Terkini
    http://beritaharianku9.blogspot.com/2018/04/punya-tato-di-kening-mantan-anak-punk.html

    BalasHapus
  2. Ingin Berpeluang Menjadi Jutawan Dengan Modal Yang Minim?
    Buruan Join Bersama Agen Bandar Kartu Online Terbaik ZoyaQQ.org
    Raih jutaan Rupiah Selama Disini
    - Bouns Rolingan Terbesar - Bonus Referall Seumur Hidup
    - Minimal Depo & WD Rp.20.000
    - Cs Berpengalaman Yang Siap Melayanin Bosku 24Jam
    Info Selengkapnya Bisa Langsung Hubungin
    BBM D8B82A86
    WA : +85515370075

    BalasHapus